Jamal Rahman Iroth

jamalPenyair yang rajin manggung baca puisi ke mana-mana ini, sekarang bermukim di Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Lahir di Minahasa Utara, 9 Desember 1979. Ayahnya dari Gorontalo, dan Ibu Minahasa. Jamal –sapaan akrabnya– anak bungsu dari 4 bersaudara. Lulusan Madrasah Aliyah Negeri Manado, pernah kuliah 4 Semester di STAIN Manado, Jurusan Tarbiyah (1998).

Selain menulis puisi, ia juga menyutradarai teater dan musikalisasi puisi. Terlibat sebagai Asisten Sutradara film berbahasa Manado “Alung Banua” 2005, film fiksi durasi 90 menit. Pernah bekerja sebagai jurnalis radio RAL FM, RRI Pro2, dan koran harian Swara Kita Manado.

Sebagai aktivis sosial, Jamal pernah berkecimpung di beberapa Ormas dan Komunitas di antaranya Pelajar Islam Indonesia (PII), Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM), HImpunan Mahasiswa Islam ( HMI), Ormas Oi, Komunitas Fotografer Manado, Spot Photographer Indonesia.

Karya-karya puisinya yang telah diterbitkan adalah Exodus ke Tanah Harapan (Foto dan Puisi), penerbit Walhi 2006. Buyat, Hari terus Berdenyut (Foto dan Puisi), Banana Publisher 2008. Antologi bersama “Metamorfosis“, Penerbit Teras Budaya, 2015. Antologi bersama “Palagan Sastra“, Penerbit Teras Budaya, 2016. Kumpulan puisi tunggal “Torotakon“, Teras Budaya, 2017.

Jamal juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sastra di Indonesia.  Pada tahun 2017, Jamal terpilih sebagai utusan ke Natuna – Kepulauan Riau, dalam program Sastrawan Berkarya yang dikirim ke Daerah 3T, oleh Badan Bahasa Nasional 2017. Hal ini berlanjut dan Jamal diundang sebagai Narasumber Musyawarah Nasional Sastra Indonesia – MUNSI II, di  Jakarta, 18 – 20 Juli 2017 untuk berbagi pengalaman sebagai Sastrawan Berkarya tersebut.

Kegiatan lainnya adalah sebagai bintang tamu baca puisi pada Pembukaan Kantor Penghubung Komisi Yudisial Sulawesi Utara 2014, bintang tamu baca puisi pada Festival Maleo, di Manado Town Square 2015. penampil utama dalam Festival Konservasi, BKSDA Sulut, di Mega Mall Manado, 2016. tampil membawakan musikalisasi puisi dalam Debat PILKADA KPU Bolaang Mongondow Timur, baca puisi pada HUT NU di Bolaang Mongondow Timur Januari 2017, baca puisi di HUT ke 7, Spot Photographer 2017, Konser Puisi Tunggal di Pentadio Gorontalo 7 April 2017, Musikalisasi Puisi di Expo Komunitas Muda Natuna – Kepulauan Riau, 02 Mei 2017 serta Konser Puisi Tunggal di Alif Stone Park – Natuna, 13 Mei 2017.

 

Satu pemikiran pada “Jamal Rahman Iroth

Komentar ditutup.