Yeni Roja Murtadho

rojaRoja Murtadho adalah nama pena Yeni Sulistiyani, lahir pada tanggal 03 Desember di Lampung Timur, Lampung. Membaca dan menulis puisi selain kegemaran juga ruang mengekspresikan diri juga mengeksplorasikan segenap imajinasi dan pengalaman hidup.

Puisi juga menjadi napas hidupnya. Selain menulis puisi Roja Murtadho juga menulis cerpen, esai, dan artikel yang telah dimuat di beberapa media cetak dan portal berita dalam jaringan di antaranya adalah Dinamika News (Sastra Dinamika) dan Fokus Investigasi. Puisi puisinya juga tergabung dalam Antologi Puisi Penyair 66 Teras Puisi.

Selain menulis di media daring, Roja juga aktif menulis di blog pibadinya yaitu yenizein.blogspot.com.

Dalam kesehariannya Roja adalah seorang pendidik di SMP Negeri 1 Sekampung Udik. Sebagai guru itulah Roja banyak akrif dan konsentrasi membimbing peserta didiknya dalam bersastra yang tergabung dalam S3I (Sanggar Seni Sastra Indonesia) di sekolah tempatnya mengajar sebelumnya yaitu SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. Di sanalah Roja membimbing di bidang seni teater, menulis cerpen, puisi, dan musikalisasi puisi.

Tidak banyak Roja berkecimpung di dunia sastra di luar karena waktu telah lebih banyak tersita untuk mengajar dan membimbing atau melatih. Prestasi yang diraih adalah prestasi peserta didiknya yang menang di beberapa kompetisi teater, menulis puisi (sampai ke Malaysia), dan musikalisasi puisi.

Sebagai gurulah Roja banyak memanjakan idealismenya dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran sastra karena Roja meyakini bahwa banyak nilai nilai yang dapat diajarkan melalui sastra karena nilai nilai di dalam karya sastra sesungguhnya telah mencakup semua aspek kehidupan (berempati, melatih kepekaan diri, kreativitas, reliji, sosial, budaya, edukatif) dan masih banyak lainnya.

Selain guru, Roja juga sebagai tutor di UPBJK Universitas Terbuka, Bandar Lampung Pokja Sekampung Udik dan Bandar Sribhawono.

Alamat surel: yenisulistiyani2@gmail.com