Abi N. Bayan

abiAbi N. Bayan adalah nama pena dari Nuriman N. Bayan, lahir desa Supu Kec. Loloda Utara Kab. Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara 14 September 1990. Anak dari Hi. Naser Dano Bayan dan Rasiba Nabiu, anak keenam dari sembilan bersaudara.

Abi adalah salah satu Alumni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Khairun Ternate (September 2016). Ia menyukai (menulis) puisi sejak menjadi mahasiswa dan hampir setiap kegiatan literasi ia diundang untuk membaca/mendeklamasikan puisi dan beberapa kali kegiatan besar kedaerahan (Legu Gam dan Festival Teluk Jailolo) ia bersama teman-teman komunitasnya (Komunitas Parlamen Jalanan Maluku Utara) diundang untuk mementaskan teaterikal.

Saat ini ia dipercayakan sebagai Pembina Komunitas Parlamen Jalanan Maluku Utara (Komunitas Teater) dan pada Desember 2016 ia bergabung di (sebagai anggota) Komsas Simalaba (Komunitas Sastra Silaturahmi Masyarakat Lampung Barat).

Karya-karyanya pernah dipublikasikan di media online seperti (www.wartalambar.com litera.id.com dan www. Simalaba.com) juga tergabung dalam antologi bersama: Kita Halmahera, Kitab Penyair Maluku Uatara (Garasi Genta, 2017), Embun-Embun Puisi (Perahu Litera, 2017), dan an pernah terbit di Majalah Simalaba (2017), dan Majalah Mutiara Banteng (2017).

Selain menulis puisi, ia juga menulis berjumlah naskah teater, di antaranya: (Potret Pendidikan Bermata Uang, Lihat Tanda Tanya Itu, Biarkan Kami Bicara, Indonesiaku Kau Hilang Bentuk Remuk, Membuka Nestapa Yang Hilang), telah dipentaskan pada setiap kegiatan (kampus maupun luar kampus).

Kini tinggal di Ternate Utara.

“Menulis adalah merekam jejak waktu, dan puisi adalah salah satu ruh dari waktu.”

Facebook : Abi N. Bayan