Dewi Salistiawati

Dewi Salistiawati (Awie) bergabung dengan Dapur Sastra Jakarta pada tahun 2015. Di sini, Awie banyak menimba ilmu antara lain dengan mengikuti kegiatan sastra baik di dunia maya maupun di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Perempuan yang lahir di Bekasi, 27 Oktober 1975 ini, mulai mencoba mengirim karyanya untuk buku antologi bersama beberapa penyair Indonesia. Diawali dengan buku antologi PMK (Puisi Menolak Korupsi) tahun 2015. Saat itu PMK sudah memasuki edisi kelima, dengan tema Perempuan Menentang Korupsi. Dilanjutkan dengan antologi bersama Bunga Putra Bangsa (Januari 2016), kemudian bersama Dapur Sastra Jakarta dalam buku antologi bersama Palagan Sastra (Maret 2016).

Antologi selanjutnya masih bersama komunitas Memo Penyair, Awie berkontribusi dalam buku Memo Anti Teroris atau MAT (April 2016) dan Memo Anti Kekerasan Terhadap Anak atau MAKTA (September 2016)

Buku Kumpulan Puisi Kopi Penyair Dunia yang dikuratori oleh penyair Fikar W Eda, Mustafa Ismail dan Salman Yoga S, meloloskan karya Awie, di mana dari 675 penyair yang mengirim karya, 250 penyair lolos kurasi. Buku ini diluncurkan di Tanah Gayo, Aceh pada November 2016.

Pada akhir tahun 2016. Awie bersama 21 perempuan inspiratif Depok menghasilkan buku antologi Puisi Kasih Ibu (22 Perempuan Inspiratif Kota Depok). Buku ini diluncurkan dalam rangka memperingati Hari Ibu, 22 Desember 2016 di Balai Kota Depok.

Selain buku antologi bersama, Awie juga sudah menerbitkan buku puisi tunggal yang diberi label IMAJI BIRU, diterbitkan oleh Teras Budaya, ISBN 978-602-1226 -75-9 Buku ini sebagai hadiah atas kemenangannya mengikuti Lomba Penulisan Kreatif DSJ tahun 2016.

Salah satu hadiahnya juga adalah mendapatkan kesempatan mengunjungi kegiatan Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2016 di Ubud Bali bersama rombongan Dapur Sastra Jakarta serta Pesta Puisi Klungkung: Tanah Tua, Tanah Cinta, di Klungkung Bali. Pengalaman paling berkesan adalah ketika Awie tampil dalam panggung puisi Woman of Words (Poetry Slam) UWRF 2016 bersama penyair dari Indonesia, Australia dan negara lainnya.

Pada tahun 2017, Awie kembali menjadi salah satu pemenang pada Lomba Penulisan Kreatif DSJ kategori esai dan kembali membawanya mengunjungi Ubud Writers and Readers Festival 2017 di Ubud, Bali.

Akun Facebook : Dewi Salistiawati W // email: dewisalistia@yahoo.com