Marina Novianti

Marina Novianti boru Tampubolon, putri ketiga dari Ir. H. Tampubolon dan E boru Siregar, lahir di Medan pada tanggal 21 November 1971.

Semasa kecilnya gemar baca novel dan nonton The Sound Of Music. Baginya, novel dan film ia jadikan medium belajar bahasa Inggris secara otodidak. Selain itu, ia dan ketiga saudarinya belajar mengikuti kursus piano.

Tamat SMA di Medan, ia kuliah di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor, Jurusan Biologi – Mikrobiologi.

Menikah di tahun 1998 dan dikaruniai tiga orang anak. Sebelum menikah Marina berkarir di bank asing, setelah menikah beralih profesi menjadi ibu dan guru. Tahun 2005, mereka sekeluarga pindah ke Kuala Lumpur, mengikuti suami yang ditugaskan bekerja di sana. Di KL, Marina belajar piano klasik dan menjadi pianis di St. Andrew’s Presbyterian Church.

Kembali ke Indonesia tahun 2007, Marina mengajar di sebuah sekolah sambil membuka New Tune Learning Center di Bogor. Tahun 2011 Marina menulis buku RingTone Biologi untuk SMP/ MTs, sebuah ringkasan teori dan evaluasi soal-soal Biologi untuk Sekolah Menengah Pertama yang diterbitkan Grasindo.

Tahun berikutnya buku Selamat Pagi Pak Guru, sebuah sharing tentang kehidupan keluarga dan pertumbuhan anak ditulisnya dan diterbitkan oleh Pustaka Sinar Harapan. Marina juga menggubah beberapa lagu serta memusikalisasi puisi.

Tahun 2013 Marina mendapat kesempatan dari Depdikbud turut serta sebagai penulis naskah Kelas Dua SD Tematik untuk Kurikulum 2013. Sembari menulis, Marina terus mengajar di sekolah sebagai guru Bahasa Inggris, Matematika dan Musik. Tahun 2016 Marina mengajar anak-anak yang berasal dari negara konflik yang sedang berada di beberapa tempat pengungsian di Medan.

Saat ini Marina bekerja sebagai Kepala Sekolah SD dan SMP Sekolah HighScope Medan.

Tahun 2012, Marina mulai bertekun di sastra. Tahun 2013, lahirlah antologi puisinya Aku Mati di Pantai terbitan Rayakultura. Bulan Mei 2014 terbit antologi puisi kedua, Pendar Plasma terbitan Teras Budaya Jakarta. Bulan November 2016, Marina menerbitkan buku kumpulan cerita pendeknya yang berjudul Lelaki Berusia Sehari, terbitan Teras Budaya Jakarta.

Puisi-puisi Marina turut mengisi antologi Habituasi Wajah Semesta (Rumah Kata Medan, 2013), Dari Negeri Poci 5 (Penerbit Kosakatakita, 2014), Metamorfosis (Teras Budaya, 2014) dan 1000 Haiku Indonesia (Penerbit Kosakatakita, 2015).

Puisi dan cerpen Marina turut dimuat dalam kumpulan puisi (Puisi Menetas di Kaki Monas) dan cerpen (Embun Pecah di Taman Kota) karya sastrawan Mitra Praja Utama IX tahun 2014 yang diterbitkan Departemen Pariwisata dan Kebudayaan, sebagai delegasi dari Jakarta.

Puisi dan cerpen Marina juga pernah dimuat di beberapa media cetak nasional dan daerah (Koran Tempo, Suara Karya, Indopos, Sinar Harapan, Media Indonesia, majalah sastra Horison, Nova, Radar Bekasi, Analisa Medan, Medan Bisnis, Haluan Padang, Lampung Post, Serambi Indonesia, Pos Metro Jambi, Mimbar Umum, Sumut Pos).

2 pemikiran pada “Marina Novianti

Komentar ditutup.