Bresman Marpaung

downloadBresman Marpaung lahir di Pematang Siantar pada tanggal 15 April 1968. Lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tahun 1992. Menggeluti dunia sastra sejak tahun 1984.

Dua kali mengikuti Lomba Cipta Puisi tahun 1985, Juara Harapan II pada Lomba Cipta Puisi dalam Rangka Hari Kemerdekaan RI, yang diselenggarakan oleh RRI Nusantara I Medan dan Juara III pada Lomba Cipa Puisi TK SMTA se- Sumatera dalam rangka Bulan Bahasa Tahun 1985. Radio Mercuclan Martapura Kalimantan Selatan (kemudian berganti nama menjadi Bahana Nirmala) menobatkannya menjadi 15 Penyair Terbaik sepanjang tahun 1988.

Puisinya pernah dimuat Koran Tempo Jakarta, Harian Kompas Jakarta, Media Indonesia. Suara Karya Jakarta, Sumut Pos, Pikiran Rakyat Bandung, Suara NTB, Riau Pos, Banjarmasin Post, Harian Go Cakrawala Makassar, Tabloid Lintas Gayo, Jurnal Sastra Santarang, Harian Serambi Indonesia Aceh, Harian Rakyat Sumbar dan sejumlah Koran lokal di Sumatera Utara seperti Harian Sinar Indonesia Baru, Harian Bukit Barisan, Harian Mimbar Umum, Mingguan Taruna Baru, Majalah Dunia Wanita, Harian Analisa Medan dan Harian Medan Bisnis.

Selain itu Puisinya juga pernah diterbitkan di Buletin Jejak Forum Sastra Bekasi, Majalah Suara HKBP, Majalah Sastera LITERA, di samping terhimpum pada beberapa Antologi bersama antara lain Antologi 175 Penyair Dari Negeri Poci 6-Negeri Laut, Antologi puisi Dapur Sastra Jakarta berjudul “PALAGAN SASTRA”, Antologi Puisi “Dari Negeri Poci 7-Negeri Awan”.

Puisinya berjudul Empat Perkabungan Bersinggungan’ terpilih sebagai 39 Puisi Pilihan hasil seleksi 1.441 puisi pada Lomba Cipta Puisi Seni Indonesia Berkabung (merupakan kolaborasi empat perguruan tinggi di Yogyakarta dan Komisi Pemberantasan Korupsi) dengan Dewan Juri Joko Pinurbo, Gunawan Maryanto dan Dr Farouk HT yang akan dibukukan dalam antologi puisi berjudul “Di Bawah Payung Hitam“.

Satu puisinya terhimpun dalam Antologi bersama “Tifa Nusantara 3-Ijejela”, satu puisi tahun 2016 terpilih sebagai 100 Puisi Pilihan dari 1.500-an puisi pada Lomba Cipta Puisi Sail Cimanuk dan telah dibukukan dalam Antologi Bersama berjudul “Ketika Burung-Burung Telah Pergi” yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Indramayu.

Pada bulan April 2016 diundang oleh Majelis Kesenian Medan sebagai salah satu peserta Musyawarah Kesenian Kota Medan dengan Agenda Pemilihan Calon Anggota Dewan Kesenian Medan. Bresman juga ikut bergabung dalam Komunitas Omong-Omong Sastra Medan.

Saat ini bekerja sebagai PNS di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu sebagai Kepala Seksi Tenurial dan Hutan Adat pada Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sumatera di Medan.