Dapur Sastra Jakarta dan Sastra Bumi Mandeh di Pesisir Selatan Sumatra Barat (07/05/2018)

Dapur Sastra Jakarta menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Sastra Bumi Mandeh (SBM) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat mengadakan acara “Temu dan Bincang Sastra ” di SD 08 IV Jurai, Painan, Pesisir Selatan. Acara tersebut didukung oleh Dinas Pariwisata dan dihadiri oleh Kepala Dinas, Bapak Mawardi Roska Andi, lalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan diwakili oleh Ibu Warna Sol Menon, Dinas Arsip dan Perpustakaan, Polres Peisisr Selatan, Bapak AKBP Fery Herlambang beserta Ibu Indra Wahyu Riant. Saat ini, Dapur Sastra Jakarta juga menjadi pembina untuk komunitas SBM ini.

Beberapa penyair dari berbagai daerah di Indonesia pun menghadiri acara ini setelah mereka mengikuti acara Temu Pentair Asia Tenggara (TPAT) di kota Padang Panjang, antara lain Remmy Novaris DM (Jakarta), Imam Ma’arif (Jakarta), Nunung Noor El Niel (Denpasar), Roymon Lemosol (Ambon), Jusiman Dessirua (Makasar), NK Palupi (Semarang), Ade Novi (Depok), Juli Yulia (Cirebon), Ayu Harahap (Padang Sidempuan), Ubai Dillah Al Anshori (Padang Sidempuan), Romy Sastra (Jakarta), Muhammad de Putra (Pakan Baru) serta Arbi Tanjung (Pasaman).

Pada acara ini dilakukan sharing singkat oleh para narasumber, Remmy Novaris DM menyampaikan cara menulis puisi yang baik kepada para siswa dan guru dan berpesan agar guru tidak “mendikte” proses kreatif kepada anak didik. Arbi Tanjung menjelaskan bagaimana membaca adalah kata kunci dari kemampuar berkarya sastra. Sementara itu Imam Ma’arif menjelaskan beberapa tips bagaimana tampil membaca puisi. Lalu penyair muda Muhammad de Putra berbagi pengalaman bagaimana proses kreatif yang dia lakukan dalam berkarya.

Kemudian Nunung Noor El Niel memimpin acara lomba menulis puisi spontan untuk para ssiwa dan guru dan pemenangnya menerima hadiah dari SBM dan DSJ.

Tiba-tiba Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan, Bapak Mawardi Roska Andi mengajak semua penyair yang hadir pada acara “Temu dan Bincang Sastra” di Painan, Pesisir Selatan, untuk menikmati kawasan wisata Bumi Mandeh. Ini sebuah kejutan, karena tidak ada dalam agenda acara kami. Terima kasih banyak Pak.

ssbm05

ssbm06

ssbm09

ssbm10a

ssbm01

ssbm02

ssbm03

ssbm20

ssbm21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s