Dapur Sastra Jakarta di SD Negeri 19 Sungai Andok Padang Panjang dalam Rangka TPAT 2018 (05/05/2018)

Dalam rangka Temu penyair Asia tenggara (TPAT) 2018 di kota Padang Panjang, Dapur Sastra Jakarta juga mengunjungi SD Negeri 19 Sungai Andok, Padang Panjang.

Ini adalah sekolah yang terketak di pinggiran kota Padang Panjang dan agak termarjinalkan. Murid-murid umumnya berasal dari kalangan ekonomi bawah di Padang Panjang. Para murid dan guru pun menyambut kami dengan ramah.

Kami mengadakan acara baca puisi dipimpin admin Dapur Sastra Jakarta Nunung Noor El Niel dari Denpasar dibantu Nuning Palupi dari Semarang, dan memberikan sedikit hadiah buat mereka yang mempu membuat puisi dengan baik dan berani tampil maju membacakan karyanya.

Sebelumnya pendiri Dapur Sastra Jakarta, Remmy Novaris DM menjelaskan dengan bahasa yang ringan kepada murid-murid SD tersebut bagaimana membuat puisi yang baik. Remmy juga mengingatkan para guru untuk tidak mendikte para murid untuk menulis puisi. Biarlah puisi itu datang dari imajinasi para murid itu sendiri, bukan dari sesuatu yang dipaksakan oleh gurunya.

Terima kasih atas sambutan yang hangat dan bersahabat. Selamat bertugas para guru. Semoga anak-anak murid menjadi generasi yang jauh lebih baik.

2 pemikiran pada “Dapur Sastra Jakarta di SD Negeri 19 Sungai Andok Padang Panjang dalam Rangka TPAT 2018 (05/05/2018)

  1. Menggembirakan sekaligus mengharukan. “Turba” puisi yg harus sering dilakukan. Mengingatkan bahwa imajinasi adalah harta benda maha penting seorang anak manusia, adalah tugas penting seorang penyair, selain menelorkan puisi. “Pemuda, ini telorku, mana telormu,” begitulah kira2 larik sebuah puisi SCB yg terinspirasi “sumpah pemuda” yang melahirkan Indonesia.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s