Menggunakan Media Sosial dengan Bijak dan Aman (09/06/2018)

Pada tanggal 9 Juni 2018, komunitas Dapur Sastra Jakarta mengadakan acara buka puasa bersama dan dilanjutkan dengan diskusi santai tentang menggunakan media sosial dengan bijak dan aman bertempat Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Sebagai nara sumber untuk topik diskusi menggunakan media sosial dengan bijak dan aman adalah Dr. Betty Purwandari, seorang pakar teknologi informasi, Doktor lulusan University of Southampton di Inggris. Ketua Program Studi Magister Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Acara dipandu oleh admin Dapur Sastra Jakarta, Riri Satria, yang juga kebetulan dosen Program Studi Magister Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia bersama Dr. Betty.

Diskusi berlangsung sangat seru, bahkan pertanyaan silih berganti. Jika tidak dihentikan, bisa jadi acara berlangsung sampai tengah malam bahkan sahur. Umumnya pertanyaan peserta berkisar penggunaan media sosial di smartphone.

betty dsj

Topik yang sangat menarik dibahas malam itu adalah cyberbullying. Apakah itu cyberbullying?

Cyberbullying adalah aktivitas bullying yang dilakukan melalui peralatan digital seperti telepon selular, komputer dan tablet. Cyberbullying bisa terjadi melalui SMS, teks, dan berbagai aplikasi, atau online melalui media sosial, atau permainan di mana orang bisa melihat, berpartisipasi dan berbagai konten.

Cyberbullying terdiri dari mengirimkan, posting, atau berbagi konten negatif, palsu dan menyesatkan, memalukan, tentang seseorang. Juga termasuk membagikan informasi personal atau privat tentang seseorang yang dapat memalukan atau bahkan merendahkan orang tersebut.

Berbagai bentuk cyberbullying yang keterlaluan dapat dikategorikan melawan hukum atau tindak pidana kriminal. Mari kita perangi dan berantas cyberbullying!

Mengapa Dapur Sastra Jakarta mengadakan acara ini? Sebenarnya acara sejenis pernah dilaksanakan tahun sebelumnya dengan nara sumber admin Dapur Sastra Jakarta sendiri, yaitu Riri Satria. Nah, acara kali ini adalah kelanjutannya dengan pembahasan yang lebih komprehensif. Ini dikarenakan pada era digital ini, dunia sastra pub tidak dapat dipisahkan dengan teknologi digital, terutama untuk publikasi dan diskusi sastra. Jadi sudah sepantasnya pada sastrawan atau penggiat sastra juga paham tentang media sosial dan internet secara umum.

Terima kasih kepada Dr. Betty Purwandari atas sharing-nya. Betty pun diangkat menjadi warga Dapur Sastra Jakarta dengan penyerahan kaos dengan logo Dapur Sastra Jakarta secara simbolis oleh admin Nunung Noor El Niel.

Terima kasih kepada pihak Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin yang telah mendukung acara ini sehingga terlaksana dengan baik.

IMG_E8811 2

34506971_1038826482952705_4761011684733091840_n

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s